Selasa, 15 November 2011

LYCOS sebagai mesin pencari





KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahanNya tugas ini dapat saya selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam tugas blog kali ini saya membahas mengenai Lycos, sebuah mesin pencari yang kurang begitu dikenal masyarakat banyak, tetapi memiliki kelebihan yang dapat diandalkan. Lycos sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar.

            Tulisan ini dibuat dalam rangka memperdalam  pemahaman mengenai mesin pencari Lycos dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas  mahasiswa  yang mengikuti mata kuliah “Pengantar Teknik Internet & New Media

Demikian tulisan ini saya buat semoga bermanfaat,















                                                                                     
Jakarta,  15 November 2011
Muhammad Novanto Janotama                            
                                     Penyusun                                    



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Akademisi dan ilmuwan telah banyak  menciptakan alat sederhana yang mirip dengan mesin pencari sejak tahun 1970-an. Namun jumlah informasi yang dapat mereka akses sangat sedikit dibandingkan dengan apa yang rata-rata pengguna komputer dapat mengakses hari ini.

Mesin pencari web dirancang untuk mencari informasi di World Wide Web dan server FTP. Hasil pencarian umumnya disajikan dalam daftar hasil dan sering disebut hits. Informasi dapat terdiri dari halaman web, gambar, informasi dan jenis file lainnya.

Oleh karena itu, performa tinggi mesin pencarian Internet saat ini telah dikembangkan dan disempurnakan dalam waktu sangat singkat. Salah satunya adalah mesin pencarian Lycos.


1.2  Tujuan Penulisan
Tujuan yang diharapkan dapat tercapai dalam penelitian tulisan ini adalah untuk memperoleh pengetahuan lebih mengenai mesin pencari Lycos, kelebihan serta kekurangan yang dapat dirasakan ketika menjalankan mesin pencarian ini.







BAB II
PEMBAHASAN
Lycos adalah salah satu mesin pencari tertua, pertama kali dikembangkan pada tahun 1994 oleh Dr Michael L. Mauldin dan tim peneliti di Carnegie Mellon University Center sebagai mesin penerjemah. Nama Lycos berasal dari Lycosidae, nama ilmiah untuk "laba-laba serigala". Laba-laba serigala adalah pemburu yang sangat baik yang aktif menangkap mangsanya. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Lycos sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar. Lycos merupakan mesin pencari berbasis Ask.com. Lycos dahulu bernama Mailcity.

Ketika Lycos pertama kali diluncurkan pada tanggal 20 Juli 1994, Lycos memiliki katalog yang terdiri atas 54.000  dokumen. Tetapi kurang dari satu bulan, crawler perusahaan telah mencatat lebih dari 390.000 dokumen dalam indeksnya. Pada awal 1995, Lycos telah diindeks sebanyak 1,5 juta dokumen, kemudian berkembang pesat melebihi dari 60 juta dokumen pada akhir 1996, sehingga menjadi mesin pencari terbesar pada saat itu.

            Carnegie Mellon melisensi teknologi Lycos kepada perusahaan baru yang didirikan oleh Mauldin dan bersama-sama didukung oleh Carnegie Mellon dan CMGI pada bulan Juni 1995 dan perusahaan tersebut di publikasikan  pada tahun berikutnya. Pada tahun 1998 perusahaan tersebut diakuisisi oleh Wired Digital, pemilik dari mesin pencari HotBot.


            Pada bulan Mei 2000, tepat di puncak dari gelembung dotcom, Terra Networks, SA, penyedia utama akses Internet ke dunia Spanyol dan Portugis setuju untuk membeli Lycos sebesar $ 12.500.000.000 saham. Dr Mauldin meninggalkan Lycos pada tahun 1998, ketika perusahaan itu dikembangkan sebagai jaringan situs portal dengan banyak daerah, menawarkan layanan obrolan, halaman rumah pribadi, horoskop dan fitur non-inti lainnya.





 Akibatnya, keunggulan Lycos sebagai alat pencarian menurun, tapi itu berubah lagi pada bulan Desember 1999, ketika Lycos mencapai kesepakatan untuk berinvestasi dalam teknologi pencarian FAST. Dengan cepat, FAST mulai memajukan hasil pencarian Lycos dan pada musim gugur tahun 2001, Lycos meninggalkan crawlernya sendiri dan mulai melayani hasil eksklusif dari FAST. Sekarang, Lycos mengambil hasil pencarian dari Yahoo.

Lycos Mail merupakan salah satu penyedia layanan jasa email gratis yang menjadi bagian dari portal lycos dengan menyediakan kapasitas email sebesar 3GB. Lycos mail ini dapat dikunjungi melalui alamat www.mail.lycos.com.

Seperti layanan email lainnya, Lycos juga memberikan fasilitas pengelolaan folder yang dilengkapi dengan filter. Pasangan fitur ini sangat berguna untuk menyaring emil ke dalam folder – folder yang sudah disediakan sebelumnya. Lycos menyediakan setting filter terpisah untuk memlokir spam. Filter spam akan member kor pada tiap email yang diperkirakan sebagai spam, mulai dari yang paling rendah 1 bintang sampai 3 bintang. Email dengan 3 bintang kemungkinan besar adalah spam. Lycos menyediakan tiga setting filter email. Setting yang paling aktif akan memfilter email dengan satu bintang ke folder Bulk Mail, sedangkan yang paling tidak aktif hanya akan menjaring email dengan tiga bintang saja.

Folder – folder yang disediakan secara default juga tidak jauh berbeda dengan layanan email lainnya : Inbox, Bulk-Mail, Drafts, dan Sent Mail. Fitur yang menarik dari Lycos adalah adanya link ke status layanan email gratis saat ini (System status). Pada fitur tersebut, dilaporkan berbagai masalah yang sedang diketahui menimpa sistem dan berikut solusinya – bila ada. Pemakai yang mengalami masalah dengan layanan email Lycos ini dapat mencari tahu solusinya melalui fitur ini. Untuk mengelola daftar alamat para kerabat, Lycos menyediakan buku alamat. Namun antar mukanya yang menggunakan Javascript tidak terlalu nyaman.





Lycos memberikan layanan tambahan untuk melindungi email dari hilangnya account jika tidak digunakan dengan $5,95 per tahunnya dan untuk mendapatkan kapasitas yang lebih besar menjadi 5GB dengan tambahan file attachment yang unlimited, ad-free service, akses POP3 untuk email klien lainnya, dan account preservation dengan hanya $19.95 per tahunnya.

Kelebihan yang dimiliki oleh Lycos:
1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
Kekurangan yang dimiliki oleh Lycos:
1.  Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2.  Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.

Kelebihan yang dimiliki oleh Lycos Mail:
1.   Menyediakan layanan yang mudah untuk digunakan dalam hal interaksi dengan para penggunanya untuk menangani masalah yang terdapat pada saat menggunakan layanan email Lycos.
2.  Lycos mail dapat mengattach file dalam ukuran besar tidak terbatas dan bisa sampai dengan 20MB.



Kelemahan yang dimiliki oleh Lycos Mail:
1.   Lycos Mail tidak memberikan layanan akses POP atau IMAP tetapi dapat mengumpulkan pesan dari email POP account lainnya
2.  Untuk mengedit rich text dan mengirim file yang besar dalam attachment hanya dapat dilakukan dengan menggunakan Internet Explorer.
Gambar Halaman Lycos




 BAB III

                                                                 KESIMPULAN


Walaupun Lycos bukan search engine yang besar seperti google, msn, yahoo, ataupun altavista, Lycos mempunyai kemampuan yang lebih saat harus mencari database yang berbentuk karangan atau makalah. Walaupun databasenya kurang mempunyai data yang begitu banyak dan masih kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, Lycos tetap diminati utuk orang-orang yang ingin mencari bahan-bahan makalah di search engine Lycos. Selamat bersurfing ria!!


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar